Mangafest, event tahunan yang selalu ditunggu oleh penggemar kultur jejepangan di Jawa Tengah dan Yogyakarta akhirnya kembali lagi. Event yang menurut Larissa Rochefort mempunyai potensi mampu menyaingi AFA ini dikelola oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (Himaje) Universitas Gadjah Mada (UGM).
Acara Mangafest kali ini sudah berusia sembilan Tahun. Sampai sekarang, Mangafest masih memegang teguh prinsipnya yaitu menjadi panggung doujin/komik/karya lain buatan sendiri yang berasal dari dalam negeri. Event ini otomatis menjadi medan perang para kreator karya lokal yang tak hanya dari Yogyakarta dan Jawa Tengah, namun juga dari kota lain seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan lain lain.
Mangafest kali ini bertempat di Jogja Expo Center (JEC), gedung pertemuan terluas di Jogja. Acara ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 26-27 Oktober 2019. Luasnya gedung yang dipakai ternyata tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yang datang. Seorang panitia bahkan berbicara kepada kami bahwa pengunjung Mangafest pada tahun ini tiga kali lipat dari tahun lalu dan melebihi ekspektasi dari panitia sendiri.
Kami kira wajar sekali panitia kaget. Mangafest dari dulu dianggap sebagai event terbesar di Jawa Tengah-Yogyakarta, dan ada anggapan jika anda penggemar jejepangan yang berada di wilayah tersebut, belum lengkap rasanya kalau belum mengunjungi Mangafest. Hal ini menyebabkan banyak sekali orang rela jauh-jauh datang hanya untuk mengunjungi Mangafest.
Penulis datang pada hari Minggu saja, dan ternyata itu adalah waktu yang sangat salah. Saat penulis datang, antrian sudah mengular dari ujung sampai ujung gedung, dan waktu baru menunjukkan pukul 11:00 WIB, satu jam setelah open gate. Suhu Kota Yogyakarta kala itu sedang dalam puncaknya makin memperpanas suasana antrian.
Comiket Mangafest yang Ramai dan Terjangkau
Saat memasuki area event, pengunjung langsung disuguhkan berbagai karya lomba yang diadakan Mangafest seperti lomba membuat komik dan lomba membuat fanart dari maskot Mangafest, pengunjung juga dapat ikut berpartisipasi untuk memilih karya favorit mereka untuk menentukan siapa yang berhasil mendapatkan juara hasil voting pengunjung.
Setelah melalui labirin berisi karya lomba, pengunjung langsung disuguhkan berbagai karya dari kreator lokal di area Comiket, berbagai circle atau lingkarya kreator mampu menyihir pengunjung untuk membeli dagangannya sehingga tanpa sadar uang pengunjung tiba-tiba berkurang drastis.
Cosplayer yang berada di Mangafest tidak hanya memerankan tokoh karakter dari pop kultur jejepangan saja, banyak juga yang menurunkan kostum dari pop kultur Amerika bahkan karakter asli Indonesia juga ada! Totalitas dalam memerankan tokoh yang mereka sukai patut diacungi jempol! Banyak sekali cosplayer yang rela mempersiapkan jauh-jauh hari seperti berdandan semaksimal mungkin dan mempersiapkan kostum dengan baik, alhasil hasil cosplay mereka sangat bagus.
Memasuki panggung hiburan, penulis ingin segera memilih untuk berpindah ke lain tempat. Alasannya sangat simpel, panggung hiburan penuh dengan pengunjung meskipun ruangannya sangat luas, sehingga kesan sumpek, panas, dan kondisi tidak nyaman itu sangat terasa terlebih saat itu Jogja sedang dalam fase suhu terpanasnya sehingga berada di dekat panggung hiburan sangat menyiksa penulis. Penulis sempat melihat beberapa penampilan lomba dance cover dan langsung mengamini pendapat Larissa Rochefort tentang tata suara dan pencahayaaan panggung hiburan Mangafest 2019 yang sangat luar biasa.
Para Komunitas Lokal yang Berkumpul dan Berbahagia
Penulis kemudian memilih menyingkir ke area stand komunitas. Banyak stand komunitas lokal Yogya unjuk gigi dan pamer tentang komunitas mereka. Tidak sedikit komunitas yang mengadakan mini-games seperti dari komunitas BanG Dream! Yogyakarta yang mengadakan lomba bermain game BanG Dream! yang bertipe rhythm yang menguji ketangkasan jari tangan. Pemenang dari minigames mereka mendapatkan berbagai hadiah unik seperti Google Play Card (GPC) dan Indomie. Anehnya, juara keempat mendapatkan lebih banyak bungkus Indomie premium dibandingkan juara kedua dan ketiga.
Terdapat juga stand makanan yang jumlahnya cukup banyak dan diimbangi dengan stand-stand pernak-pernik Jejepangan lainnya. Namun stand Comiket jelas sangat mendominasi sesuai komitmen pihak panitia yang ingin kreator lokal berjaya. Panitia juga menyediakan berbagai lokakarya (workshop) dan talkshow menarik bagi kreator dengan narasumber kreator-kreator komik lokal yang terkenal seperti Sweta Kartika, Matto Haq, dan lain-lain.
Tidak hanya berfokus pada Comiket, panggung hiburan juga penuh penampilan tidak hanya dari Idol atau Band lokal seperti μ’Zone, Nanoka, Victoria Symphony ataupun Minerva Land, terdapat juga keunikan tersendiri seperti Tari Bali, Ketoprak, dan Wayang yang ternyata berhubungan dengan tema yang diangkat panitia Mangafest tahun ini.
Bintang Acara, Larissa Rochefort
Pada Mangafest kali ini, panitia mengangkat tema Culturenation, tema yang diangkat dari keprihatinan terhadap budaya asli Indonesia yang perlahan mulai dilupakan sehingga panitia ingin mengajak para penikmat kultur Jejepangan jangan sampai melupakan budaya asli Indonesia dengan menyelipkan berbagai budaya khas Indonesia pada Mangafest tahun ini.
Sebagai Guest Star utama, dipilihlah seorang cosplayer yang mewakili Indonesia di ajang Tokyo Game Show (TGS) 2019, yaitu Larissa Rochefort, dan sebagai penampilan spesial, grup idol Shojo Complex (ShoCom) dan grup kebudayaan Jathilan. Ximplah Cs dipilih untuk menghibur pengunjung Mangafest.
Saat berjalannya event, penulis menemui banyak sekali teman yang pernah satu hobi namun sudah lama tidak bertemu dan tiba-tiba muncul di Mangafest. beberapa orang yang mengaku pensiun dari dunia jejepangan pun terlihat datang. Banyak teman yang mengaku hanya Mangafest adalah event yang paling menarik perhatian mereka, sehingga banyak reuni singkat terjadi disini.
Alhasil adanya Mangafest ini bisa dibilang tidak hanya sebagai medan perang kreator karya seni, namun sebagai pengikat kembali kekeluargaan penggemar kebudayaan Jepang yang lama tidak bertemu setiap tahunnya.
Liputan dan Penulisan oleh Aditya Putera Tanriawan